Rumah

Batu Alam Bebas Lumut dan Debu

Bisakah batu alam yang diaplikasi di area luar rumah bebas lumut dan debu? Triana Sari Putri, Cibubur. Hampir semua jenis batu alam memiliki poripori yang cukup besar sehingga rentan tertempel debu dan ditumbuhi lumut. Khususnya, untuk batu alam jenis candi, paras asal Yogyakarta, paras asal Palimanan, dan andesit. Untuk itu, jika Anda berniat mengaplikasi batu alam, Anda wajib memberi lapisan pelindung khusus batu alam. Cat tersebut bisa untuk melindungi batu alam dari lumut, kotoran dan jamur.

Bahkan, cat ini mampu melindungi batu dari hujan dan panas. Yang perlu Anda perhatikan adalah setelah batu alam selesai dipasang di dinding atau media apapun, Anda harus segera mengecatnya. Pengecatan harus dilakukan sebanyak 2 kali dengan teknik mengayam. Pengecatan pertama dilakukan secara mendatar dan pengecatan kedua dilakukan secara vertikal. Jarak dari pengecatan pertama ke pengecatan kedua sebaiknya ada jeda waktu 30 menit, atau minimalnya cat sudah kering bila kita sentuh. Setelah pengecatan kedua, biarkan cat ini mengering sempurna.

Waktu keringnya adalah 8 jam. Artinya, selama jangka waktu 8 jam cat ini tidak boleh terkena air hujan dan tidak terpapar langsung sinar matahari. Salah satu jenis cat yang bisa Anda beli di pasaran adalah Cat Attaboy Natural Stone Protector. Agar tetap terjaga kecantikannya, Anda wajib mengecat ulang batu alam per 3 tahun sekali. Ir. A. Djajaprasetya, MBA, ahli cat PT Indowira Putra Paint Factory. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar batu alam bebas lumut dan debu. Pertama, kita harus melapisinya dengan cat khusus. Kedua, jangan sampai area ini tertutup pohon. Ketiga, sesekali bersihkan dindingnya dengan menggunakan lap lembut dan bersih. Semoga membantu.

Rumah tidak lengkap apabila tidak dilengkapi dengan sebuah genset. Tipe genset yang tepat untuk rumah tangga adalah genset silent yang tidak berisik dan mengganggu lingkungan sekitarnya. Untuk mendaptkan genset silent dengan harga murah bisa membelinya di toko jual genset silent 300 Kva di Aceh. Salah satunya adalah PT. Rajawali Indo yang memberikan harga diskon untuk setiap pembelian unit baru.