Rumah

Bersihkan Kulkas Hingga Tuntas

Bau di dalam lemari es pertanda lemari es Anda harus segera dibersihkan. Bagaimana caranya agar lemari es bersih secara tuntas? Sering sekali kita malas untuk memulai membersihkan isi kulkas karena alasan repot dan tidak ada waktu. Padahal, kesehatan lemari es juga sangat berpengaruh sekali terhadap tubuh karena di sanalah makanan disimpan. Jika lemari es kotor, makanan jadi tak sehat. Belum lagi, jika ada makanan yang tumpah dan menyebabkan bau yang tak sedap. Tak sehat pastinya. Mengingat kebersihan lemari es sangat penting, ada baiknya jika Anda menyempatkan waktu untuk mulai membersihkan lemari es di rumah anda. Untuk membantu Anda, RUMAH memberikan informasi cara membersihkan dan merawat lemari es agar tetap bersih dan higienis. Berikut tipnya!

Cara Membersihkan Lemari Es

Ini dia tahapan membersihkan lemari es.

  1. Keluarkan isi lemari es satu persatu, supaya bisa dengan leluasa dan memudahkan kita dalam membersihkannya.
  2. Lepas bagian-bagian dalam lemari es yang bisa dilepas seperti rak di bagian tengah, juga rak tempat minuman di bagian samping lemari es. Dengan melepasnya, kita lebih dapat melihat bagian-bagian yang kotor.
  3. Rendam bagian-bagian yang dapat dilepas tadi ke dalam ember berisi air yang telah dicampuri sabun pencuci piring sebelum dilap bersih. Catatan untuk noda yang membandel, campurkan sedikit soda kue dan diamkan satu jam. Soda kue dipercaya ampuh membersihkan noda yang susah dihilangkan.
  4. Sambil menunggu rendaman, lap bagian dalam dan luar lemari es menggunakan lap basah bertekstur halus atau bisa juga menggunakan tisu yang dibasahi air. Campurkan 2 sendok soda kue tambahkan 1 liter air hangat.
  5. Cuci dan gosok bagian yang sudah direndam tadi. Bila raknya masih terasa dingin, jangan dicuci dengan air panas. Temperature yang berubah mendadak justru bisa memecahkan rak tersebut.
  6. Keringkan rak dan bagian yang lain dengan lap sebelum mengembalikannya pada lemari es. Pastikan benar-benar kering.

Tips

  • Untuk membuat lemari es tetap bersih dan tertata rapi, lakukan pengelompokan pada isi dalam lemari es. Letakkan daging di dalam freezer, botol minuman pada sisi samping pintu lemari es, dan sebagainya.
  • Jika ingin lemari es terlihat lebih rapi, simpan semua bahan makanan ke dalam wadah yang kedap udara dan susun di dalam lemari es.

Cara Merawat Lemari Es

Lakukan perawatan secara berkala. Sebulan sekali bersihkan lemari es.

Buang makanan atau minuman yang sudah tidak layak dikonsumsi, agar lemari es terhindar dari jamur dan bakteri yang berbahaya untuk tubuh.

Letakkan makanan yang berbau kuat dan menyengat di dalam wadah tertutup, agar lemari es tetap steril dan bau di dalamnya tidak bercampur.

Bersihkan sesegera mungkin jika ada tetesan atau tumpahan cairan dalam lemari es, agar tidak menyisakan noda yang nanti susah dihilangkan.

Agar lemari es tetap terus dapat digunakan meskipun sedang terjadi pemadaman listrik perlu adanya sebuah genset. Genset silent adalah pilihan tepat untuk rumah tangga karena tidak berisik. Harga genset silent murah bisa didapatkan dari suplier distributor genset silent 1000 kva di Jakarta. salah satunya adalah PT. Rajawali Indo yang menyediakan unit baru dan harga bisa dinegosiasikan.