Otomotif

Dimana Pun Dan Kapan Pun

Rasa penasaran terkadang membuat Anda ingin mencoba hal-hal baru, seperti saat berlibur dan berkendara ke tempat yang sebelumnya tidak terjamah kendaraan bermotor. Setiap orang memiliki jiwa petualang, namun rasa takut terkadang mengalahkan niat untuk mencoba hal baru. Memilih Jeep Wrangler Rubicon 3.0 pada Holiday Test Drive kali ini membuat kami yakin untuk menelusuri pegunungan Muria yang terletak 32 km dari kota Jepara, Jawa tengah.

Kami pun memilih jalur Utara dengan pertimbangan jarak yang lebih dekat, yaitu 530 km dari Jakarta. Melintasi tol Cipali menjadi saat yang tepat menggunakan fitur cruise control, fitur ini memudahkan kami untuk menjaga kecepatan jelajah konstan. Pun dengan suspensinya, terasa kokoh saat harus melintasi aspal jalur pantai utara yang berlubang walaupun dirasa masih sedikit keras dan limbung.

Setelah perjalanan 18 jam yang melelahkan, akhirnya kami tiba di Jepara dan segera beristirahat. Keesokan harinya, kami segera mengarah ke Gunung Muria dengan perbekalan secukupnya tanpa membawa recovery kit apapun. Mulai memasuki jalur pendakian di kawasan kaki gunung kami pun bertemu tanjakan aspal yang curam, torsi yang lebih kecil 68 Nm dari generasi sebelumnya masih tergolong cukup mumpuni untuk mengatasi tanjakan ini, kami hanya perlu menginjak pedal gas lebih dalam dan mobil ini melesat dengan mudah.

Sesampainya di kawasan hutan lindung, pada umumnya mobil harus parkir di lahan yang telah disediakan dan pengunjung disarankan berjalan kaki. Namun melihat ground clearance dan fitur-fitur pada Jeep Wrangler Rubicon 3.0 lebih meyakinkan kami untuk membawanya menjelajahi ke dalam hutan lindung lebih dalam. Tanpa ragu, kami segera menggeser transfer case ke 4L(4-Low) dan mengarahkan mobil masuk ke jalur tanah bebatuan yang sempit.

Tak terasa kami pun terhenti di ujung jalur tersebut, di depan hanya terlihat celah-celah kecil di antara pohon pinus yang berbaris rapi, kami memutuskan untuk menembus masuk hutan pinus tersebut. Didukung oleh fitur–fitur seperti axle lock, sway bar, dan hill decent assist membantu Jeep Wrangler Rubicon 3.0 melahap semua rintangan dengan mudah. Tanjakan berpasir, jalan bebatuan menurun yang curam, hingga pohon tumbang pun tampak seperti taman bermain olehnya.

Setelah masuk cukup dalam kami menemukan lahan yang cukup lapang dan memutuskan untuk berhenti dan menikmati pemandangan hutan pinus sejenak. Liburan kami bersama Jeep Wrangler Rubicon 3.0 menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Mesin V6 berkapasitas 2.985 cc terbarunya, memberikan efisiensi BBM cukup baik dibandingkan generasi sebelumnya, terbukti kami meraih angka 7,4 km/l. Tenaga 230 dk yang dihasilkan pun tergolong cukup untuk tipe short wheelbase ini, jadi Anda tidak perlu ragu saat ingin bertualang kapanpun dan dimanapun.