Rumah

Pemasangan Batu Alam yang Benar

Saya penyuka batu alam jenis andesit dan paras Palimanan.Saya ingin mengaplikasikan batu alam ini di salah satu dinding di rumah. Dinding saat ini adalah plesteran dengan finishing cat. Apakah ada teknik pemasangan khusus agar material ini tidak mudah lepas dari dinding? M. Ridho Ilahi, Tasikmalaya.

Memasang batu alam sebenarnya tidak memerlukan keahlian khusus. Hanya, Anda perlu mengetahui cara pemasangan yang benar. Untuk Anda yang akan mengaplikasikan batu alam di dinding, ini dia tahapannya.

  1. Ketrik dinding hingga permukaannya gompal-gompal. Ini wajib Anda lakukan agar plesteran dapat mengikat batu alam dan dinding lebih kuat.
  2. Jangan lupa untuk membersihkan debu yang menempel di seluruh permukaan dinding.
  3. Buat adukan plesteran, lebih disarankan menggunakan semen instan dibanding semen konvensional karena ada zat aditif yang membuat semen memiliki daya rekat lebih kuat dan cepat kering. Perhatikan komposisi antara semen dan air.
  4. Cek permukaan batu alam. Jika ada serpihan plester yang menempel di batu alam, segera bersihkan agar batu tidak bebercak dan plesteran menempel.
  5. Diamkan batu alam yang sudah terpasang di dinding selama 24 jam hingga plesteran mengering.
  6. Lapisi batu alam dengan cat khusus batu alam. Anda bisa memilih tipe natural atau mengilap. Batu alam pun menempel sempurna di dinding rumah Anda.

Menghilangkan Noda Batu Alam

Dinding batu alam saya banyak nodanya, seperti ada bekas aliran dari plesteran nat batunya. Apa bisa dihilangkan? Yadi, Cilegon. Kalau saya amati dari pertanyaan Anda, maaf jika saya bilang ada yang salah dengan pemasangan batu alam di rumah. Beberapa kemungkinan adalah sebagai berikut. Pertama, pemasangannya menggunakan semen konvensional. Kedua, Anda tidak melapisi dinding dengan cat pelindung batu alam. Ketiga, Anda tidak benar-benar merawatnya. Coba Anda sikat terlebih dahulu bagian batu alam yang bernoda hingga bersih.

Jika merasa sulit membersihkan, Anda bisa memanipulasi dengan cara mengecatnya. Teknik ini bisa Anda terapkan pada batu alam jenis candi atau andesit karena warna batu ini seragam (cenderung hitam) dan tidak bermotif. Untuk batu alam jenis lain tidak disarankan. Jika dirasa tampilannya sangat jorok dan mengganggu, sebaiknya lepas bagian yang bernoda dan ganti dengan yang baru.

Sebuah rumah memerlukan instalasi genset sebagai sumber listrik cadangan ketika PLN sedang melakukan pemadaman. Harga genset untuk rumah tangga yang murah bisa didapatkan di suplier resmi genset silent 150 Kva di Malang. Salah satu suplier resmi genset silent di Malang adalah PT. Rajawali Indo yang memberikan harga diskon di setiap pembelian unit baru.